Senin, 19 Januari 2009

Tugas Siswa Kelas II Mekanik Otomotif SMKN 2 Pati (Chasis dan Pemindah Tenaga)

TUGAS UTAMA & TUGAS PILIHAN SEMESTER GENAP KELAS II
MEKANIK OTOMOTIP SMKN 2 PATI


A. Kompetensi Utama :

1. Sistem Kopling Konvensianal ( Conventional Clutch System)
2. Sistem Kopling Otomatis (Automatic Clutch System)
3. Sistem Transmisi Manual (Manual Transmition System)
4. Unit Final Drive / Gardan (Differential System)
5. Differential Limeted Sleep
6. Sistem Rem (Brake System)
a. Hand Brake (Mechanical Brake System)
b. Sistem Rem Hidraulik (Hydraulic Brake System)

7. Sistem Kemudi Manual (Manual Steering System)
8. Sistem Suspensi (Suspention System)
9. Sistem Roda & Ban (Wheel & Tire System)
10. Wheel Alighment & Balance
11. Poros Penggerak Roda, Poros Roda dan Poros Propeller
(Drive Shaft, Drive Axle & Propeller Shaft)
12. Rangka Chasis (Beam Chasis)

B. Kompetensi Pilihan :

1. Sistem Transmisi Otomatis (Automatic Transmition System)
2. Sistem Transmisi Over Drive (Over Drive Transmition System)
3. Sistem Kemudi Tenaga (Power Steering System)
4. Sistem Rem Gas Buang (Exhause Brake System)
5. Sistem Rem Truck dan Kereta Gandeng
6. Sistem Rem Angin (Air Brake System)
7. Sistem Rem ABS ( ABS Brake System)
8. Sistem Air Bag

Jumat, 16 Januari 2009

Tugas Semester Genap Kelas II Mekanik Otomotif Tunas Harapan Pati (Motor Otomotif)

TUGAS SISWA KELAS XI

MEKANIK OTOMOTIF

SMK TH. PATI

  1. Komponen bagian utama Engine
    1. Komponen Diam/Statis : Blok Silinder, Kepala Silinder, intake &

Exhause manifold

    1. Komponen Gerak/Dinamis : Piston , Conecting rod, Crank shaft,

Ring Piston, Metal bearing

c. Trouble shooting komponen bagian utama engine

  1. Mekanisme katup
    1. Konstruksi ,jenis, model, type, keuntungan dan kerugian
    2. Mekanisme katup OHV, OHC, DOHC dan Multi Valve
    3. Maksud, tujuan Prosedur menyetel mekanisme katup
    4. Trouble shooting mekanisme katup
  1. Sistem Pelumas
    1. Type system aliran Pelumas
    2. Klasifikasi minyak pelumas mesin
    3. Pompa pelumas mesin
    4. Tekanan pelumas dan pengujian tekanan pelumas
    5. Trouble Shooting system pelumas
  1. Sistem Pendingin
    1. Konstruksi, jenis, model, type
    2. Water coolen
    3. Konstruksi Radiator
    4. Konstruksi water pump
    5. Temperatur kerja normal mesin
    6. Trouble shooting system pendingin
  1. Sistem Pengapian
    1. Jenis Konvensional & CDI
    2. Keuntungan dan kerugian system pengapian konvensional
    3. Keuntungan dan kerugian system pengapian CDI
    4. Cara Kerja system pengapian konvensional
    5. Cara Kerja system pengapian CDI
    6. Trouble shooting system pengapian
  1. Sistem Bahan Bakar Konvensional
    1. Komponen bagian utama
    2. Circuit kerja karburator type double barel type vaccum
    3. Maksud dari Nilai Oktan bahan bakar
    4. Oktan selector dan cara penyetelannya pada Distributor
    5. Trouble shooting system bahan bakar
  1. Apa yang dimaksud dengan
    1. Kontribusi informasi bengkel
    2. Mengapa kontribusi informasi bengkel harus diketahui oleh mekanik
    3. Berupa apa saja kontribusi informasi bengkel ini
    4. Dapat diakses dari mana saja kontribusi informasi bengkel ini
  1. Apa yang anda ketahui dengan pernyataan dibawah ini
    1. Keselamatan
    2. Keselamatan Kerja
    3. Keamanan
    4. Tiadakan Keamanan
    5. Bahaya
    6. Sumber Bahaya
    7. 3 K pada industri & perusahaan
    8. Kecelakaan
    9. Tindakan preventip yang berhubungan dengan Keselamatan, Bahaya dan Kecelakaan
  1. Perlengkapan & Peralatan apa saja yang harus ada digunakan di bengkel

Otomotip hubungan dengan tuntutan optimalisasi ?

    1. Personal / individu
    2. Umum
    3. Spesifikasi dengan proses kegiatan yang dilakukan hubungannya dengan a dan b “ di atas
    4. Inventarisasi , Perawatan & Pemeliharaan perlengkapan dan peralatan
  1. Pada waktu melakukan engine tune up, melayani Penyetelan Karburator& analisa kondisi Kendaraan kompenen/parameter apa yang harus dilakukan, indicator standar normalnya bagaimana pada parameter tersebut.

11. Pada waktu melakukan Engine Tune Up, Melayani pekerjaan Sistem

Pelumas dan Sistem bahan bakar. Komponen / parameter apa yang harus di

Lakukan dan indicator standar normalnya pada parameter tersebut.

  1. Ketika kita sebagai mekanik akan mengoperasikan sebuah engine atau

Kendaraan dituntut untuk melakukan Pemeriksaan Dasar dahulu agar dapat diketahui engine/kendaraan telah siap dioperasikan. Pada kegiatan di atas perlakuan apa saja yang dilaksanakan mekanik ?

  1. Jenis bahan bakar yang banyak digunakan pada rumah tangga, Teknik dan

Industri banyak sekali, ada 7 (tujuh) jenis bahan bakar yang lazim digunakan, Apa saja 7 (tujuh) jenis tersebut dan lengkapi dengan struktur rangkaian unsure kimianya ?

  1. Peralatan yang digunakan mekanik banyak sekali jenisnya untuk

Memudahkan maka dikelompokan.

    1. Bagaimana cara pengelompokannya dan ada berapa kelompok
    2. Berikan paling tidak 4 / 5 contoh masing-masing kelompok
    3. Bagaimana cara penyimpanan , perawatan dan pemeliharaannya
    4. Berikan contoh yang benar cara penggunaan dari masing-masing kelompok peralatan di atas 2 contoh
  1. Sistem Pengisian Battery
    1. Komponen bagian utama system pengisian
    2. Type Alternator dengan regulator konvensional
    3. Type Alternator dengan regulator IC
    4. Mengecek system pengisian kondisi kerja normal
    5. Trouble shooting system pengisian
  1. Battery
    1. Perawatan Battery
    2. Perlakuan battery baik saat full charger atau drop ketika start
    3. Pengertian elektrolit normal pada battery bila diukur pada 20° C dan

Diukur pada temperature dibawah atau diatas temperature tersebut.?

    1. Trouble shooting Battery.
  1. Pada waktu melakukan Engine Tune Up melanyani pemeriksaan battery.Komponen/parameter apa yang harus dilakukan dan indicator standar

Normalnya bagaimana pada parameter tersebut ?

  1. Pada waktu melakukan Engine Tune Up, melayani pekerjaan mekanisme

Katup komponen / parameter apa yang harus dilakukan dan indicator

Standar normalnya pada parameter tersebut ?

  1. Pada waktu melakukan Engine Tune Up, melayani System Pengapian

komponen/Parameter apa saja yang harus dilakukan dan indicator standar

Normalnya bagaimana pada parameter tersebut ?

  1. Pada waktu melakukan Engine Tune Up, melayani System Pendingin

Komponen/Parameter apa saja yang harus dilakukan dan indicator standar

Normalnya bagaimana pada parameter tersebut ?